Wabah Ebola Kembali Muncul Apakah Lebih Berbahaya Dari Corona

0 92

Koransunda.com – Wabah ebola kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial,karena dikabarkan muncul kembali di Republik Kongo. Menurut kabar yang di terima sudah terjadi enam kasus terdeteksi tepatnya di Kota Mbandaka,dari enam kasus yang terjadi empat di antaranya meninggal dunia.

Perlu diketahui wabah ebola bukanlah penyakit baru,penyakit tersebut berasal dari virus yang di duga berasal dari hewan sejenis kelelawar buah. Penyakit ebola pertama kali di temukan di Kongo sekitar tahun 1976.

Mengingat di tahun 2020 ini dunia sedang di landa pandemi wabah virus corona,dan di tambah lagi muncul wabah baru yaitu ebola,akankan wabah ebola lebih berbahaya dari wabah corona?

Baca Juga: Resmi PSBB Kota Bandung Akhirnya Di Perpanjang

Berikut kami telah merangkum dari beberapa sumber menganai 5 fakta wabah ebola:

1. Asal nama “Ebola”

Wabah ini pertama kali terjadi daerah Zaire bagian utara tepatnya di Desa Yambuku (Republik Demokratis Kongo) dan lokasinya berdekatan dengan Sunga Ebola,dan kemudian dijadikan untuk nama penyakit tersebut.

2. Cara Penularan

Proses penularan penyakit ebola dapat menular melalui darah,muntah,fases dan cairan tubuh lainnya dari orang yang mengidap penyakit ebola tersebut. Bahkan dari beberapa kasus penularan ebola dapat melalu urine dan seperma,infeksi tersebut terjadi ketika cairan tubuh tersebut menyentuh mulut,hidung,dan luga terbuka.

3. Gejala yang timbul

Untuk gejala yang di timbulkan dari virus ebola tersebut adalah demam yang yang terjadi secara mendadak,kelelahan,sakit kepala,dan juga sakit tenggorokan. Namun tidak hanya itu saja gejala tersebut dapat di ikuti dengan muntah,diare,dan pendarahan bagi orang yang terjangkit sehingga mengakibtakan kekurangan cairan dan dan dehidrasi.

4. Tingkat Kematian

Tingkat kematian yang terjangkit virus ebola sangat tinggi dari 318 kasus yang terjadi di kongo beberapa tahun lalu,280 orang meninggal dunia. Yang artinya tingkat kematiannya sangat tinggi hampir 88% dan virus ini di kategori virus yang menular dan berbahaya.

5. Obat Atau Vaksin

Informasi yang kami dapatkan dari laman resmi WHO,untuk saat ini sudah ada vaksinnya yang bernama rVSV-ZEBOV. Akan tetapi untuk vaksin tersebut belum mendapat izin edar secara sersmi memingat masih perlu di lakukannya penelitian lebih lanjut akan terhadap vaksin tersebut,namun ujicoba awal menunjukan vaksin tidak berbahaya dan dapat melindungi seseorang dari terjangkitnya wabah ebola.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

fourteen + nine =