Resmi PSBB Kota Bandung Akhirnya Di Perpanjang

0 196

Koransunda.com – Pemerintah Kota Bandung telah resmi memperpanjang status Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) hingga batas waktu 12 Juni. Namun untuk kali ini penerapan PSBB Kota Bandung sedikit berbeda,dan dilakukan secara proposional.

Hal ini sesuai yang di jelaskan Eman Sumarna selaku Sekretaris Daerah (SEKDA) Pemerintah Kota Bandung,pengatakn bahwa penerapan kembali status SPBB namun dengan secara proposional merupakan upaya untuk mengecualikan untuk beberapa aktivitas yang selama ini dibatasi selama wabah virus corona.

Lebih lanjut mengenai pengecualian aktivitas tersebut yaitu memperbolehkan tempat ibadah untuk kembali di buka namun tentunya dengan sebuah aturan ketat yaitu bahwa jemaah tidak melebihi dari 30% jumlah maksimal daya tampung tempat ibadah tersebut.

Dan sebelum masuk kedalam tempat ibadah wajib melakukan cuci tangan,melakukan tes suhu badan,dan wajib memai masker. Begitu di dalam ruangan jemaah wajib menjaga jarak antar jemaah lainnya agar tidak saling berdekatan.

Jika sampai batas waktu 12 Juni kasus penularan virus corona tidak penyebabkan penularan, maka daya tampung tempat ibadah akan bertahap di tingkatkan yang semula 30% maka di tingkatkan menjadi 50% dari jumlah daya tampung tempat ibadah.

Selain tempat ibadah, pemberlakuakn PSBB proposional juga berlaku bagi Toko Mandiri,Perkantoran dan juga Restoran yang ada di Kota Bandung di perbolehkan buka namun dengan aturan sama yitu jumlah pengunjung tidak melebihi 30% daya tampung. Jika sampai batas waktu yang di tentukan tidak terjadi penularan maka bisa di tingkatkan secara bertahap menjadi 50% dari maksimal daya tampung.

Namun protokol kesehatan tetap harus dilakukan,misalnya sebelum memasuki ruangan wajib cucui tangan,melakukan tes suhu badan,dan juga di wajibkan mengenakan masker.

Baca Juga: PSBB Dinten Ka 5 di Perbatasan Ampel Sukagumiwang Indramayu – Majalengka

Pemberlakuakan PSBB proposional Kota Bandung yaitu dengan sistem bertahap,dalam artian bertahap ini memulai komunikasi yang memungkinkan dampak potensi untuk terjadinya penyebaran virus nya lebih rendah.

PSBB di Kota Bandung di perpanjang mengingat dari total 30 Kecamatan yang ada,hanya ada 2 kecamatan yang masuk kategori zona merah,sementara untuk sisinya dari total 30 Kecamatan semuanya masuk kedalam zona hitam.

Jawa Barat termasuk Pemerintah Kota Bandung melakukan pengklompokan status penyebaran virus corona berdasarkan zona warna,adapun zona tersebut yiatu Level-5 (zona hitam) zaona ini termasuk zona kritis butuh penangan lebih ekstra untuk menakan penyebaran virus,kemudian Level-4 (zona merah) dalam zona ini tingkat kasus yang terjadi setiap harinya banyak terjadi,lalu ada Level-3 (zona kuning),Level-2 (zona biru),dan terakhir Level-1 (zona hijau) yaitu zona cukup aman dari penyebaran virus corona.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

twenty − fifteen =